Alat Pemadam Api (Kebakaran)

  • -
Alat pemadam api adalah sebuah alat yang dapat memadamkan kebakaran yang di design khusus dengan bentuk tabung portable, tabung trolley, fire pump, hydrant equipment maupun dalam bentuk mobil pemadam kebakaran.

Gambar diatas memberikan kesimpulan bahwa alat pemadam api modern yang sudah standar. Adapun alat yang digunakan pada jaman sebelum ada alat pemadam api sekarang ini, sangatlah sederhana contohnya:
  • Karung/ kain yang dibasahi dengan air;
  • Pasir/ tanah untuk menutup area kebakaran; dan
  • Air yang digunakan untuk memadamkan api dengan memakai suatu wadah.

Apar | tabung pemadam kebakran

Tabung pemadam api/ Apar adalah alat pemadam yang berbentuk tabung untuk memadamkan api.

Tabung Pemadam Api Portable Unit

Jenis portable unit adalah alat pemadam api ringan/ apar yang dapat digunakan dengan praktis, dapat diaplikasikan oleh satu orang saja, karena di design untuk memudahkan dalam mencega/ menanggulangi bahaya pada awal terjadinya kebakaran.

Tabung Pemadam Api Trolley Unit

Trolley unit ini adalah jenis tabung pemadam api/ apar yang media/ isi dengan kapasitas yang cukup besar. Dengan design menggunakan roda guna memudahkan dalam penggunaan.
Sama halnya dengan jenis portable unit, Tabung trolley unit juga dapat diisi dengan bahan dry chemical powder, co2, foam afff, dan gas pengganti hallon (hcfc 141b). Apar jenis ini sangat dibutuhkan untuk area yang cukup luas, ini dikarenakan oleh kapasitasnya yang cukup banyak yang diharapkan dapat menangani area kebakaran dengan jangkauan yang lebih luas.

Tekanan isi atau media dalam alat pemadam

Tabung pemadam api dibagi dua berdasarkan system yang digunakan, yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada prinsipnya proses atau cara kerja dari kedua system ini adalah sama-sama untuk mencegah/ menaggulangi musibah kebakaran, ditujukan untuk mencegah bahaya yang lebih besar.

Pertama Stored Pressure System

Stored pressure system ini menggunakan pressure gauge yaitu alat yang berfungsi sebagai pengukur tekanan dalam tabung, dimana isi/ media bercampur dengan gas pendorongnya yang dapat dilihat dari Pressure Gauge.

Kedua Cartridge System

Cartridge system adalah system yang bekerja sebagai pendorong isi/ media yang diisi kedalam tabung kecil dan dimasukkan kedalam apar. Gas pendorong dipisah dari media/ isi tabung pemadam.
Kedua system diatas memiliki kelebihan dan yaitu alat yang berfungsi sebagai pendorong media/ isi, yang pada akhirnya menjadi pilihan bagi pengguna.
Cartridge system, apabila digunakan/ telah dipakai satu kali saja maka sudah tidak bisa dipakai untuk kedua kalinya. Stores pressure system, dapat digunakan untuk beberapa kali penggunaa, tergantung tekanan yang berada dilam tabung yang dapat dilihat melalui pressure gauge.

Refilling | isi ulang

Tabung pemadam api dapat diisi ulang/ refill dengan media yang khusus dan telah mendapat licensi standarisasi. Media/ Isi yang dipakai, diantaranya yaitu:

Erro Fire Media dry chemical powder

Dry Chemical powder merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang fungsinya adalah bahwa hal itu mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api berhenti. Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan pada partikel yang sangat kering serta membengkak untuk membentuk penghalang yang hingga oksigen tidak dapat masuk sehingga dapat menutup area api, akhirnya api tidak akan menyala dikarenakan pijakan api ditutupi oleh Dry Chemical powder.
Merupakan media pemadam api serbaguna, aman dan luas pemakaiannya karena dapat mematikan api kelas A, B, dan C. Dapat menahan radiasi panas dengan kabut partikelnya. Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif). Serbuk kimia kering tidak beracun (Non Toxic).

Erro Fire Media co2 (carbon dioxide)

Senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia. Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas B dan C karena merupakan bahan gas, Co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih. Sangat efektif digunakan dalam ruangan tertutup/ In Door. Dapat menyerap panas sekaligus mendinginkan. Konstruksi tabung sangat kuat dan berat karena dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.

Erro Fire Media foam afff (aqueoues film forming foam)

Foam AFFF adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, dan fluoro surfactant sepertifluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), atau asam perfluorooctanesulfonic(PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol-resistant aqueous film forming foams (AR-AFFF) adalah busa yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan pelindung ketika disemprotkan.

Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B. Bersifat Kondukstif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C. Foam bersifat ringan, efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen dan menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar kembali.

Erro Fire Media gas pengganti hallon (HCFC 141B – thermatic system)

HCFC-141b is a hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane dan Chemical Abstracts.

Merupakan pemadam api yang bersih dan tidak meninggalkan residu. Sangat efektif untuk semua resiko kebakaran kelas A, B dan C. Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif), sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan alat perkantoran modern lainnya.

Isi ulang tabung pemadam api (Refill Apar) dengan kualitas terbaik, kami juga siap untuk isi ulang tabung pemadam jenis thermatic.

Spareparts tabung pemadam api ringan | apar

Spare parts tabung pemadam api sangat dibutuhkan apabila telah terjadi kerukan/ ataupun karena usang. Spare parts apar diantaranya yaitu:
  • Tabung (Tube) yaitu alat yang dipasang sebagai wadah media/ isi;
  • Handle yaitu alat penekan atau pengatup yang berada pada pangkal tabung pemadam api;
  • Valve yaitu alat yang berfungsi sebagai penyambung antara tabung dan selang guna keluarnya media/ isi;
  • Hose yaitu selang yang berfungsi sebagai penghantar media;
  • Nozzle yaitu ujung selang yang berfungsi sebagai pegangan arah keluarnya media dan penyapuan api;
  • Sabuk Tabung yaitu sabuk yang diikatkan pada tabung yang memiliki dudukan selang, guna mengikat selang supaya tidak berceceran;
  • Breacket/ Hanger yaitu alat yang digunakan untuk menggantung apar pada dinding atau tempat lainnya yang diinginkan; dan
  • Spare parts lainnya seperti pin, segel dan label.
Semoga penjelasan singkat diatas dapat menjadi acuan anda untuk bekerjasama dengan PT. MUTIARA SAFETYNDO. Area layanan kami diantaranya: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Cikarang, Karawang, Bekasi, Bandung, Cileungsi, Cianjur dan daerah lainnya di seluruh Indonesia baik Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi Irian Jaya dan Papua.

Beli Tabung Pemadam Api yang berkualitas dengan harga murah, Selain Jual Apar Kami menerima Isi Ulang Tabung Pemadam Api (Refill Apar) dari berbagai merk, ukuran dan Type.

Fire Hydrant Equipment

Hydrant merupakan sebuah terminal air untuk bantuan darurat ketika terjadi kebakaran. Hydrant berfungsi untuk mempermudah proses penanggulangan ketika musibah kebakaran terjadi. hydrant adalah fasilitas wajib bagi ruang public seperti pasar tradisional maupun modern, pertokoan, bahkan lingkungan perumahan pun harusnya memiliki fasilitas hydrant.

Hydrant dikenal bahasa sehari-hari sebagai plug di Amerika Serikat atau sebagai johnny pump di New York, adalah perlindungan ukuran api aktif, dan sumber air yang disediakan di sebagian besar kota, daerah pinggiran kota dan pedesaan dengan layanan air kota untuk memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk mendapat pasokan air kota dalam membantu memadamkan api.

Konsep fire plug setidaknya pada abad ke-17. Ini adalah saat ketika petugas pemadam kebakaran menanggapi panggilan akan menggali ke listrik air kayu dan buru-buru menggali lubang untuk mengamankan air guna memadamkan kebakaran. Air akan mengisi lubang menciptakan sebuah sumur sementara, dan akan diangkut dari sumur ke api oleh brigade ember atau, kemudian, dengan dipompa. Lubang-lubang yang kemudian terpasang dengan sumbat, biasanya redwood, yang dari waktu ke waktu kemudian dikenal sebagai Fire Plug. Lokasi steker sering dicatat atau ditandai sehingga bisa digunakan kembali dalam kebakaran mendatang. Ini adalah sumber dari fire plug istilah sehari-hari masih digunakan untuk fire hydrant hari ini. Setelah Kebakaran Besar London pada tahun 1666, kota dipasang jalur air dengan lubang dibor pada interval, dilengkapi dengan anak tangga, memungkinkan jalur akses untuk fire plug dari permukaan jalan.

Penemuan Hydrant Pillar biasanya dikreditkan ke Frederick Graff Sr, Chief Engineer dari Water Works Philadelphia sekitar tahun 1801. Itu kombinasi selang / keran stopkontak dan desain “wet barrel” dengan katup di atas. Dikatakan bahwa Graff memegang paten pertama untuk hydrant, tetapi hal ini tidak dapat diverifikasi karena kantor paten di Washington DC terbakar pada tahun 1836 menghancurkan catatan banyak paten dari periode dalam proses.

Jenis fire hydrant equipment diantaranya adalah:

pillar

Tersedia dalam tiga model yaitu:
  • Hydrant Pillar Model One Way, yaitu memiliki satu lobang saluaran air;
  • Hydrant Pillar Model Two Way, yaitu memiliki dua lobang saluran air; dan
  • Hydrant Pillar Model Three Way yaitu memiliki  tiga lubang saluran air.

Box

Hydrant Box Type A1, A2 dan B biasa digunakan untuk di dalam ruangan dan Hydrant untuk Type C digunakan untuk diluar ruangan.

Spareparts

  • Hydrant valve, yaitu alat yang berfungsi mengatur (membuka/ menutup) jalur air;
  • hose rack dengan ukuran size 1,5” dan 2,5”;
  • Pillar Hydrant keys, Lock (Kunci);
  • branch pipe jet nozzle dengan size 1,5” dan 2,5”;
  • spray nozzle Size 1,5” dan 2,5”;
  • Fire Hose + Coupling dengan size 1,5”x20m, 1,5”x30m, 2,5”x20m dan 2,5”x30m; dan
  • Siemese Connection dengan type S7 dan S11

Fire alarm system

Fire Alarm System berfungsi untuk memberikan tanda bahaya (alert) bila terjadi potensi kebakaran dan kebocoran gas dengan mendeteksi adanya asap yang bergumpal (smoke detector), temperatur yang tinggi (heat detector), dan adanya gas yang beracun/ berbahaya (gas detector).
Sistem alarm kebakaran (Fire Alarm) adalah merupakan suatu sistem wajib dimiliki oleh perkantoran, gedung bertingkat maupun area publik lainnya yang dimana system ini adalah sebagai indikator awal dari terjadinya kebakaran. Dengan menggunakan sistem ini diharap dapat mencegah kebakaran yang dapat menghilangkan asset baik materi maupun nyawa seseorang dengan mengetahui potensi bahaya kebakaran sejak dini. Sistem ini di bagi menjadi tiga jenis yakni :
  • Conventional system;
  • Semi addressable system;
  • Full addressable system.

Fire alarm panel

Fire alarm panel adalah perangkat elektronik yang memancarkan sinyal alarm jika terjadi kebakaran. Perangkat ini tersedia dalam 2 jenis:

Conventional: Setiap perangkat dikelompokkan dalam zona / kelompok.
  • RP-2001E (for Deluge System);
  • RP-2002E (for Suppression System);
  • SFP-2402E;
  • SFP-2404E;
  • SFP-5UDE; dan
  • SFP-10UDE
Addressable: Setiap perangkat memiliki identifikasi sendiri / alamat.
  • NFS-320E;
  • NFS2-640E; dan
  • NFS2-3030E

Fire Alarm Detector

Kidde smoke detector

Tingkat Suhu: Berkala mendeteksi kenaikan suhu pada kisaran suhu tertentu dan jangka waktu tertentu. Prinsip kerja sensor yang akan memancarkan sinyal alarm setelah mendeteksi tingkat kenaikan suhu mencapai nilai yang ditetapkan, misalnya 8o C / menit. Suhu Tetap. Mendeteksi kenaikan suhu setelah suhu mencapai suhu preset, misalnya 57o C atau 90o C. Prinsipnya bahwa sensor akan memancarkan sinyal alarm setelah mendeteksi kenaikan nilai suhu yang ditetapkan tercapai.

flame detector

Detektor bereaksi terhadap kedua sinar radiasi yaitu UV dan radiasi api IR memberikan pemantauan kebakaran yang akurat dan dapat diandalkan, namun kebal terhadap arc welding, radiasi panas suhu tubuh, petir atau sinar matahari.

HSSD (High Sensitivity Smoke Detector)

Ribuan kali lebih sensitif daripada detektor asap konvensional. Dirancang untuk fasilitas penting, seperti:
museum, penyimpanan catatan, perpustakaan buku langka, kamar kontrol proses, pusat pengolahan data, gudang, kubah transformator, kandang motor dan peralatan pembangkit listrik, ruang komputer.

HSSD ini Aktif versus pasif deteksi. Alarm akan mengalami sedikit gangguan sedikit jika kurang pemeliharaan. Dan merupakan sebuah bagian integral dari perlindungan kebakaran yang baik.

Fire Alarm Sounder

  • Bell, yaitu Low current, high decibel notification, Memberikan nada resonan yang keras, Instalasi Sederhana come pre-wired untuk mengurangi waktu di design untuk digunakan dengan pengawasan sirkuit.
  • Bell adalah peralatan untuk digunakan dalam sistem kebakaran dan pencurian atau aplikasi sinyal lainnya.\
  • Horn – 103dB, Explosion Proof, High Output, yaitu alat Relatif ringan, flameproof horns  telah dirancang dengan rating tinggi untuk mengatasi cuaca dengan kondisi lingkungan yang keras ditemukan lepas pantai dan daratan di industri minyak, gas dan petrokimia.
  • Alat ini memungkinkan DB1P dan DB1HP harus diaktifkan antara dua nada yang dipilih dengan baik dalam membalikkan polaritas pasokan, atau menghubungkan pasokan tegangan kedua. Output tinggi DB1 HP sangat cocok untuk lingkungan yang bising.
  • Horn Strobe, yaitu akan ditransfer sebagai alat pemberitahuan sinyal primer dan sesuai dengan Disabilities Act persyaratan untuk peralatan sinyal, berkedip pada 1Hz atas rentang tegangan seluruh strobo operasi. Lampu strobo terdiri dari tabung xenon flash dan lensa terkait / reflektor sistem, strobo harus didukung secara independen dan lebih sehat.
  • Horn harus memiliki kemampuan mendengar tiga pilihan dan pilihan untuk beralih di antara tiga pola-temporal dan non-temporal (kontinu) pola. Horn pada model Horn strobe akan beroperasi pada power supply kode atau non-kode. Horn strobo harus terdaftar untuk UL 1971 dan UL 464 dan harus disetujui untuk layanan pelindung api.
Keterangan diatas adalah bagian dari produk dan layanan Pt. Mutiara Safetyndo dengan memiliki berbagai macam produk alat pemadam api.

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.