Kebakaran Hutan Menggila

  • -
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera semakin menggila. Hari ini, terpantau ada 982 titik panas yang tersebar di beberapa provinsi. Ini menunjukkan peningkatan drastis dari kemarin yang hanya 200 titik panas.

Staf Analisa Badan Meteorologi Klmatilogi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Yesi Chisty menyatakan, dari hampir 1.000 titik panas itu, Riau menyumbang 55 titik panas.

Sementara daerah paling parah adalah Sumatera Selatan (Sumsel) dengan 618 titik panas. Disusul Jambi dengan 184 titik panas sisanya tersebar provinsi lainnya.

"Untuk di Riau titik api terbanyak berada di Kabupaten Pelalawan dengan 22 titik panas. Kemudian Indragiri Hulu 17 titik panas, Kuansing 13 titik panas, Kampar dua titik panas dan Inhil satu titik panas," kata Yesi kepada Okezone, Senin (14/9/2015).

Saat ini, jarak pandang di Riau hanya sekira 200 hingga 500 meter. BMKG menyatakan bahwa selain dari daerah sendiri, Provinsi Riau juga mendapatkan kiriman asap dari Sumsel dan Jambi.

Berdasarkan arah mata angin, asap Riau mengarah ke Singapura. "Saat ini, arah mata angin tenggara ke selatan barat daya. Artinya, asap kita mengarah ke Singapura. Namun pergerakan anginnya lambat atau rendah," ucapnya.

Sementara itu, saat ini kondisi udara di Pekanbaru semakin pekat. Berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), kondisi udara masih bertahan di posisi terburuk yakni level berbahaya.

PT FIN Komodo Teknologi membuat terobosan dalam mengatasi kebakaran di daerah yang sulit dijangkau di pedalaman2. Mobil ini kecil, tapi tangguh. Jalan kecil pun bisa diterobos. mobil ini bisa diletakkan di titik-titik yang rawan kebakaran. Sehingga jika ada kejadian, bisa langsung diatasi sebelum api makin membesar dan mengakibatkan kebakaran meluas.

Mobil FIN ini memakai mesin 4 stroke 250 CC dan berkapasitas 2 penumpang. Transmisinya CVT otomatis (maju dan mundur). Panjang 2.650 mm, lebar 1.750 mm, dan tingginya 1.460 mm.

Khusus untuk tipe Damkar dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran. Selain itu juga dilengkapi berbagai pelindung diri seperti baju, sepatu, sarung tangan, dan helm tahan panas. 



Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.